Mengenal 16 tipe kepribadian MBTI: Ini karakter ENFP dan ENFJ

ENFP merupakan tipikal orang dengan kepribadian sangat antusias, karismatik, dan kreatif.

ilustrasi. Istimewa

Dua di antara 16 tipe kepribadian yang dikelompokkan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah ENFP dan ENFJ. Dua tipe kepribadian ini disebut sebagai sang pemenang dan sang pemberi.

ENFP: Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving

ENFP merupakan tipikal orang dengan kepribadian sangat antusias, karismatik, dan kreatif. Orang dengan kepribadian ini juga sangat mandiri. Saat bekerja, orang-orang ENFP selalu melakukan yang terbaik asalkan diberikan kebebasan untuk berpikir kreatif dan inovatif. Diperkirakan 5% hingga 7% orang di dunia memiliki tipe kepribadian ini.

Kelebihan lain dari ENFP adalah antusias dan trampil. Mereka juga benar-benar peduli dengan orang lain. ENFP pandai memahami apa yang dirasakan orang lain. Sifat ini sekaligus mengantarkan ENFP sebagai seorang pemimpin. Orang dengan tipe kepribadian ini sangat tidak menyukai rutinitas dan lebih memilih untuk mengerjakan hal-hal yang mendukung cita-cita mereka di masa depan.

Meski cerdas, ENFP adalah tipe orang yang suka menunda pekerjaan. Mereka biasanya mulai mengerjakan tugas-tugas penting di menit-menit akhir. ENFP juga mudah terganggu ketika mengerjakan tugas di tempat umum. Apalagi jika tugas itu tampak monoton dan membosankan.