sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mengenal 16 tipe kepribadian MBTI: Ini karakter ENFP dan ENFJ

ENFP merupakan tipikal orang dengan kepribadian sangat antusias, karismatik, dan kreatif.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Sabtu, 23 Apr 2022 13:03 WIB
Mengenal 16 tipe kepribadian MBTI: Ini karakter ENFP dan ENFJ

Dua di antara 16 tipe kepribadian yang dikelompokkan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) adalah ENFP dan ENFJ. Dua tipe kepribadian ini disebut sebagai sang pemenang dan sang pemberi.

ENFP: Extraverted, Intuitive, Feeling, Perceiving

ENFP merupakan tipikal orang dengan kepribadian sangat antusias, karismatik, dan kreatif. Orang dengan kepribadian ini juga sangat mandiri. Saat bekerja, orang-orang ENFP selalu melakukan yang terbaik asalkan diberikan kebebasan untuk berpikir kreatif dan inovatif. Diperkirakan 5% hingga 7% orang di dunia memiliki tipe kepribadian ini.

Kelebihan lain dari ENFP adalah antusias dan trampil. Mereka juga benar-benar peduli dengan orang lain. ENFP pandai memahami apa yang dirasakan orang lain. Sifat ini sekaligus mengantarkan ENFP sebagai seorang pemimpin. Orang dengan tipe kepribadian ini sangat tidak menyukai rutinitas dan lebih memilih untuk mengerjakan hal-hal yang mendukung cita-cita mereka di masa depan.

Meski cerdas, ENFP adalah tipe orang yang suka menunda pekerjaan. Mereka biasanya mulai mengerjakan tugas-tugas penting di menit-menit akhir. ENFP juga mudah terganggu ketika mengerjakan tugas di tempat umum. Apalagi jika tugas itu tampak monoton dan membosankan.

Oleh sebab itu, ENFP menyukai fleksibilitas, selalu menjaga agar memiliki banyak pilihan meskipun selalu memiliki masalah karena tidak bisa mengorganisasi segala sesuatu dengan baik dan suka menunda-nunda.

ENFJ: Extraverted, Intuitive, Feeling, Judging

Orang dengan tipe kepribadian ENFJ sering digambarkan sebagai pribadi yang hangat, ramah, setia, dan sensitif. Dari semua tipe kepribadian, ENFJ sering dianggap sebagai orang yang paling kuat. Mereka mampu menjalin persahabatan dengan semua tipe kepribadian, bahkan dengan individu yang lebih tertutup atau pendiam.

Sponsored

Kemudahan adaptasi ini disebabkan orang-orang ENFJ memiliki empati yang tinggi. Mereka bahkan memiliki kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Karakter mereka diimbangi dengan nilai yang kuat untuk membantu orang lain menjadi versi terbaik dari diri mereka. ENFJ yang mencakup 2%-5% penduduk dunia adalah kebalikan dari ISTP.

Sifat mereka yang paling menonjol adalah suka menghabiskan waktu bersama orang lain.  ENFJ akan secara total menjadi supporting system untuk orang lain atas keputusan-keputusan mereka. Namun sayangnya, orang-orang ini sering mengabaikan kebutuhan diri sendiri untuk orang lain.

ENFJ juga memiliki kecenderungan untuk terlalu keras pada diri mereka sendiri, menyalahkan diri sendiri ketika ada yang salah dan tidak memberi diri mereka apresiasi yang cukup ketika segala sesuatunya berhasil. Padahal penting bagi orang-orang ini untuk mengapresiasi diri.

Berita Lainnya