Tips mengelola sosial media untuk raih peluang karier

Saat ini, perusahaan mengamati latar belakang calon karyawannya dari LinkedIn dan Facebook.

Tren pemanfaatan saluran media sosial oleh perusahaan di Indonesia juga berkembang enam tahun belakangan untuk menyeleksi calon karyawan./ilustrasi pixabay

Kemajuan teknologi digital dan penggunaan media sosial yang pesat, mendorong para perekrut kerja atau Human Resource Development (HRD) perusahaan memaksimalkan pencarian calon pegawai via media sosial. 

Riset global yang dilakukan Society for Human Resource Management (September 2015) menemukan sebanyak 65% perusahaan saat ini, menggunakan media sosial untuk merekrut pegawainya. 

Perusahaan biasanya mengamati latar belakang dan profil calon karyawannya melalui dua platform medsos. Sebanyak 57% lewat LinkedIn dan 19% dengan Facebook.

Tren pemanfaatan saluran media sosial oleh perusahaan di Indonesia juga berkembang enam tahun belakangan, untuk menyeleksi calon karyawan. 

Bagi Anda yang sedang mempersiapkan diri untuk melamar bidang pekerjaan tertentu, mengelola isi unggahan di media sosial merupakan langkah penting yang perlu dipersiapkan.