Tren coworking space di era new normal

Pandemi Covid-19 telah menjadikan pola kerja fleksibel sebagai sebuah tren yang juga didukung oleh kemajuan teknologi.

Coworking space yang dikelola Greenhouse, di kawasan Kuningan. Istimewa

Wabah Covid-19 yang berlangsung sejak awal 2020, membawa perubahan gaya hidup manusia secara menyeluruh. Salah satunya, perusahaan di seluruh dunia telah menerapkan kerja jarak jauh atau skema Work From Home (WFH) bagi karyawan mereka, untuk meminimalkan penyebaran Covid-19.

Dari perusahaan besar sampai bisnis kecil-menengah berusaha mempertahankan produktivitas dan keberlangsungan bisnis mereka dengan cara bekerja yang baru tersebut. Melihat kondisi seperti ini, ruang kerja bersama (coworking space) dapat menjadi salah satu solusi 'kantor fleksibel'.

Di era new normal, ruang kerja bersama menawarkan ruang kerja fleksibel untuk para perusahaan agar mereka bisa mendapat ruang kerjanya kembali. Tidak heran jika pasar coworking space di Indonesia semakin populer, khususnya di Jakarta di mana kegiatan bisnis dan komersial sangat terkonsentrasi.

Menyadur riset Savills Indonesia yang berjudul "Coworking Trend in The New Normal", diperkirakan ada lebih dari 200 ruang kerja bersama yang tersebar di Indonesia. Dengan jumlah terbanyak di Jakarta, yakni hampir 90%.

Ruang kerja bersama menawarkan beberapa fleksibilitas, seperti tata letak ruang kerja yang beragam, termasuk set area terbuka atau kantor pribadi, ruang rapat, dan ruang acara. Sehingga, pebisnis dapat menyewa ruang kerja sesuai dengan kebutuhan mereka yang fleksibel.