Berganti nama, Pemuda ICMI sasar harapan besar

Nama Masika akan tetap ada sebagai lembaga kajian di dalam Pemuda ICMI.

Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Hotel Ambhara, Jakarta, Sabtu (17/9). Dok ICMI.

Majelis Sinergi Kalam (Masika) Ikatan Cendekiawan Muslim Seluruh Indonesia (ICMI) melakukan perubahan nama menjadi Pemuda ICMI. Perubahan tersebut diputuskan dalam Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang digelar di Hotel Ambhara, Jakarta, Sabtu (17/9). 

Ketua Umum Pemuda ICMI Ismail Rumadan mengatakan, kontribusi dari para anggotanya diharapkan lebih nyata lagi dengan perubahan nama tersebut. Sedangkan, nama Masika akan tetap ada sebagai lembaga kajian di dalam Pemuda ICMI. 

“Perubahan ini merupakan respons atas rekomendasi Muktamar ICMI sekaligus ikhtiar untuk menegaskan posisi para intelektual muda ICMI untuk bisa lebih kontributif bagi kerja-kerja keumatan dan kebangsaan," katanya dalam keterangan, Sabtu (17/9).

Ismail menyebut, hal ini adalah ikhtiar untuk beradaptasi. Sebab, dengan mengubah dan mempertegas orientasi organisasi menjadi organisasi yang adaptif dan transformatif. 

“Kita juga ingin menjalankan tugas yang melekat pada diri kita sebagai intelektual, khususnya pada peran keumatan dan kebangsaan,” ujarnya.