Dialog pemerintah dan kelompok Benny Wenda bisa jadi titik terang 

Dialon antara pemerintah dan kelompok pro Papua merdeka dinilai bisa mengurai akar konflik yang membekap Bumi Cenderawasih.

Sejumlah polisi berbincang dengan warga saat patroli keamanan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Sabtu (12/10). /Antara Foto

Koordinator Jaringan Damai Papua Adriana Elisabeth menyambut baik rencana Pansus Papua DPD RI menggelar dialog dengan organisasi bentukan Benny Wenda, Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dan United Liberation Movement For West Papua (ULMWP).

Menurut Adriana, dialog antara utusan pemerintah dan kelompok-kelompok prokemerdekaan Papua bisa mengurai akar konflik yang membekap Bumi Cenderawasih selama bertahun-tahun. 

"Ini harus dilihat sebagai sebuah jalan terang untuk mempertemuakan permasalahan yang ada di Papua dan pemerintah," kata Adriana kepada Alinea.id di Jakarta, Selasa (26/11).

Pansus Papua DPD hari ini bertolak ke Papua untuk bertemu perwakilan kelompok-kelompok masyarakat Papua. Pansus juga dijadwalkan untuk berdiskusi dengan KNPB dan ULMWP keesokan harinya. 

Kedua kelompok itu diketahui berafiliasi dengan Benny Wenda yang kini mendapat suaka di Inggris. Saat gelombang aksi unjuk rasa dan kerusuhan melanda Papua, Agustus lalu, Benny dituding pemerintah sebagai dalangnya.