Evil customs: Alasan dibalik larangan mas kawin dan kematian wanita India

"Saya selalu membayangkan bagaimana bisa membuat anak-anak kami menikah tanpa tradisi itu," ujar Ahmad.

Sooraj Kumar. foto IST

Di India mas kawin telah dianggap ilegal sejak 1961. Walaupun demikian, budaya pemberian itu masih menyebabkan sedikitnya 20 wanita meninggal setiap hari karena dibunuh atau bunuh diri akibat tuntutan mas kawin.

Bahkan, setiap tahun diperkirakan ada 8.000 kematian perempuan di India. Desa Babawayil di lereng pegunungan Zabarwan yang dialiri Sungai Sind, di kawasan Kashmir, india menjadi perhatian dunia setelah menentang kebiasaan pemberian mas kawin ini.

Hasilnya, mereka menjadi sorotan dunia karena berhasil menekan angka bunuh diri dan kekerasan terhadap perempuan. Sistem mas kawin selama ini menjadikan pernikahan di India sebagai perhelatan mahal. 

Tak jarang pernikahan menghabiskan seluruh tabungan hidup sebuah keluarga yang semula dialokasikan untuk kebutuhan makanan. Pasalnya, tradisi yang berlebihan, seperti perhiasan, uang tunai, gaun, atau mobil membuat keluarga pria kewalahan memenuhi tuntutan pernikahan. 

Di sisi lain, tradisi membuat pernikahan baru bisa terlaksana setelah dua keluarga menyepakati mas kawin yang akan diberikan.