Habelino Sawaki: 90% masyarakat Papua ingin merdeka

Tokoh pemuda Papua Habelino Sawaki menyebut 90% masyarakat Papua dan Papua Barat menginginkan untuk merdeka dari Indonesia.

Tokoh pemuda Papua Habelino Sawaki menyebut 90% masyarakat Papua dan Papua Barat menginginkan untuk merdeka dari Indonesia. Alinea.id/Ayu Mumpuni

Tokoh pemuda Papua Habelino Sawaki menyebut 90% masyarakat Papua dan Papua Barat menginginkan untuk merdeka dari Indonesia.

Mantan calon anggota Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI daerah pemilihan Papua itu menilai pemerintah mengabaikan pendekatan budaya dan ideologi masyarakat Papua dan Papua Barat dalam menangani berbagai persoalan saat ini.

Menurut dia, hanya di pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pendekatan itu terjadi. Sedangkan, penyelesaian masalah Papua dan Papua Barat saat ini dengan mengedepankan pembangunan, tak mampu menyelesaikan permasalahan.

“Hanya di zaman pemerintahan Gus Dur pendekatan budaya sampai di Papua dan hanya di pemerintahan SBY penerapan ideologi itu ada. Sekarang ini hanya pencitraan,” kata Habelino dalam sebuah diskusi di bilangan Jakarta Selatan, Jumat (29/11).

Menurut Habelino, masyarakat Papua dan Papua Barat yang menginginkan merdeka pada dasarnya mencapai 90%. Namun, pemerintah mengabaikan hal itu lantaran ketakutan kehilangan sumber pendapatan dari Papua dan Papua Barat.