Isu-isu yang dibahas pada pertemuan Mendagri dengan Sekjen 9 parpol

Dana parpol, wacana pilkada langsung serta banyaknya regulasi politik di Indonesia menjadi poin-poin yang dibahas di Kemendagri.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan di Kantor Kemendagri, Rabu (8/1/2020). Foto Akbar Ridwan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menggelar pertemuan dengan sembilan sekretaris jenderal (Sekjen) partai politik yang lolos parlemen pada Rabu (8/1). Pantauan Alinea, mereka yang hadir di Kantor Kemendagri adalah Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Wasekjen Partai Golkar Christina Aryani dan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani.

Selanjutnya Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Wasekjen PAN Ibnu Bilaludin, Sekjen PKS Mustafa Kamal, Wasekjen Nasdem Taslim dan Sekjen PPP Arsul Sani.

Usai pertemuan, Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyebut pertemuan tersebut bukan dimaksudkan untuk menjadikan penambahan dana parpol sebagai topik utama.

Sebaliknya, pertemuan ini untuk membincang penguatan parpol dalam menghasilkan pemimpin. Karenanya disepakati adanya koordinasi antara parpol dengan pemerintah melalui Kemendagri serta Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas).

"Intinya (yang dibahas) hal-hal yang konstruktif untuk menbangun demokrasi yang lebih sehat," kata Hasto di Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (8/1).