Jokowi mimpi bawa penduduk berpenghasilan Rp27 juta per bulan

"Kita sudah hitung, sudah kalkulasi, target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai."

Presiden Joko Widodo berpidato usai dilantik menjadi presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10)./ Antara Foto

Presiden Jokowi menargetkan kepemimpinannya dapat membawa Indonesia masuk dalam jajaran lima besar ekonomi dunia. Menurut Jokowi, target tersebut bukanlah target muluk-muluk yang sulit dicapai.

Dalam pidato pelantikannya sebagai Presiden RI periode 2019-2024, Jokowi optimistis target tersebut dapat tercapai pada 2045 mendatang. Saat itu, Jokowi memimpikan pendapatan rata-rata penduduk Indonesia Rp320 juta per tahun atau Rp27 juta per bulan.

"kita harus menuju ke sana. Kita sudah hitung, sudah kalkulasi, target tersebut sangat masuk akal dan sangat memungkinkan untuk kita capai," kata Jokowi di Gedung DPR/MPR RI, di Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

untuk mencapai target tersebut, Jokowi menyebut lima hal utama yang akan dikerjakan pemerintahannya selama lima tahun ke depan. Pertama, membangun sumber daya manusia Indonesia agar menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Jokowi menyebut salah satunya dilakukan dengan cara mengundang talenta-talenta global, untuk bekerja sama.

Kedua, melanjutkan pembangunan infrastruktur. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mendongkrak lapangan kerja dan mengakselerasi nilai tambah perekonomian rakyat.