Kasus Century kembali mencuat, pemerintah didesak ambil tindakan

Kasus Bank Century kembali mencuat pascamedia luar negeri membuat laporan dengan judul Indonesia's SBY Government: Vast Criminal Conspiracy.

Kasus Bank Century kembali mencuat pascamedia luar negeri membuat laporan berjudul judul Indonesia's SBY Government: Vast Criminal Conspiracy/ Shutterstock

Kasus Bank Century kembali mencuat pascamedia luar negeri Asian Sentinel membuat laporan dengan judul Indonesia's SBY Government: Vast Criminal Conspiracy. 

Dalam laporannya, laman berita Asia Sentinel menyebutkan adanya konspirasi pencurian uang negara sebesar US$12 miliar yang melibatkan 30 pejabat negara dan mencucinya melalui perbankan internasional. Laporan yang ditulis John Berthelsen itu menyebutkan ada keterkaitan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan kasus Bank Century.

Berthelsen merupakan editor di Asia Sentinel dan mantan koresponden untuk The Wall Street Journal Asia.

Berthelsen merujuk pada hasil investigasi serta keterangan tertulis di bawah sumpah sejumlah investigator dan pengacara. Dia mengungkapkan, Bank Century beralih menjadi Bank Mutiara dan akhirnya diambilalih perbankan asal Jepang J Trust dan keterlibatan Demokrat serta SBY.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan sekiranya apa yang dikatakan oleh media asing tersebut benar, pemerintah harus mengambil tindakan proaktif karena menyangkut dana rakyat dan harus dipertanggungjawabkan.