Kemnaker resmi meluncurkan SIAPkerja dan anjungan SIAPkerja

SIAPkerja merupakan sebuah ekosistem digital untuk menyediakan pelayanan ketenagakerjaan secara menyeluruh dan terintegrasi.

Ilustrasi pencarian kerja. Foto Pixabay

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah resmi meluncurkan Sistem Informasi dan Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SIAPkerja) dan membuka Anjungan SIAPkerja di kawasan industri MM2100 Bekasi.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menjelaskan, SIAPkerja merupakan sebuah ekosistem digital yang dikembangkan untuk menyediakan pelayanan ketenagakerjaan secara menyeluruh dan terintegrasi.

"Fasilitas ini di desain untuk mendekatkan pelayanan ketenagakerjaan kepada stakeholder di Kawasan Industri atau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK)," jelas Ida dalam acara Peresmian Anjungan SIAPkerja, Rabu (12/1).

Ida mengungkapkan bahwa tantangan ketenagakerjaan saat ini semakin kompleks. Menurutnya, masuknya era revolusi industri 4.0. diiringi gelombang digitalisasi harus menjadi perhatian yang serius.

"Selain itu, bonus demografi yang kita nikmati juga harus disiasati. Di waktu yang bersamaan, dampak pandemi Covid-19 turut melahirkan tambahan persoalan yang harus juga kita pecahkan," kata Ida.