KPU tegaskan tak punya rencana tunda Pemilu 2024

KPU tengah menyiapkan penunjang terselenggaranya kegiatan tersebut, yang meliputi pembahasan regulasi, terobosan, dan sosialisasi.

Ilustrasi pilkada. Alinea.id/Dwi Setiawan

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono U Tantowi menegaskan, KPU tidak memiliki rencana untuk menunda pemilu (pemilihan umum) serentak yang akan diselenggarakan pada 2024. Dengan dasar aturan perundang-undangan, Pramono menegaskan sejauh ini KPU tengah mempersiapkan pemilu tersebut.

“KPU tidak memiliki agenda, untuk menunda Pemilu 2024, serta tidak menjadi bagian dari pihak yang memainkan isu pemilu,” tuturnya dalam acara virtual (11/9).

Pramono juga memberikan klarifikasi apabila terjadi kesalahan informasi terkait isu penundaan Pemilu 2024. Selain itu, Pramono juga mengatakan, ada pihak yang secara sengaja memanfaatkan kesalahan informasi itu.

“Itu kesalahan media saat mengutip pernyataan Pak Ilham, yang sudah dikoreksi. Lalu yang kedua ada pihak-pihak lain yang memanfaatkan kesalahan media itu untuk menunjang kepentingan mereka sendiri," kata Pramono.

Sedangkan untuk pelaksanaan Pemilu 2024, Pramono mengatakan KPU tengah menyiapkan penunjang terselenggaranya kegiatan tersebut, yang meliputi pembahasan regulasi, terobosan, sosialisasi, dan infrastruktur teknologi.