KY pantau sidang para terdakwa suap perkara di MA

Pemantauan dilakukan untuk semua rangkaian perkara.

KY pantau sidang para terdakwa suap perkara di MA yang digelar di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri (PN) Bandung. Google Maps/ciday mansur

Komisi Yudisial (KY) menerjunkan tim untuk memantau persidangan kasus suap penanganan perkara di Mahkamah Agung (MA) yang menyeret beberapa bekas hakim agung, seperti Sudrajad Dimyati. Persidangan berlangsung di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Bandung.

Juru bicara KY, Miko Ginting, mengatakan, persidangan perdana Sudrajad Dimyati dipantau Komisioner Bidang Pengawasan Perilaku Hakim dan Investigasi, Joko Sasmito; Kepala Biro Pengawasan Perilaku Hakim, Mulyadi; dan tim KY.

"Pemantauan oleh KY dilakukan untuk semua rangkaian perkara," katanya kepada Alinea.id, Rabu (15/2).

KY memastikan pemantauan sidang tidak terbatas pada terdakwa Sudrajad Dimyati. KY juga akan memantau persidangan yang menjerat perkara dengan terdakwa bekas hakim yustisial, Elly Tri Pangestu; beberapa staf MA, pemberi suap, dan perantara suap.

Pemantauan di setiap agenda persidangan ini dilakukan untuk pengumpulan informasi sehingga dapat melihat peristiwa secara utuh. Bukan tidak mungkin hasil pemantauan menghasilkan informasi-informasi lain yang masuk dalam domain KY untuk ditindaklanjuti.