Ma’ruf Amin dorong kerja sama perdagangan dengan Provinsi Fujian

Wapres RI menekankan tiga hal kunci sebagai upaya memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Provinsi Fujian.

Wapres saat menerima kunjungan Secretary of The CPC Fujian Provincial Committee, Zhou Zuyi, di Istana Wakil Presiden, Jl. Medan Merdeka Selatan Nomor 6, Jakarta, Selasa (9/5/2023). Foto wapresri.go.id

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin melakukan pertemuan dengan Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Provinsi Fujian Zhou Zuyi, di Grand Ballroom C, Lt. 3, Crowne Plaza Fuzhou Riverside, Jumat pagi (15/9).

Pada pertemuan ini, Wapres RI menekankan tiga hal kunci sebagai upaya memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Provinsi Fujian. Adapun yang pertama, Wapres RI mendorong penguatan kerja sama perdagangan khususnya dalam sektor produk halal.

“Provinsi Fujian adalah pintu masuk bagi produk Indonesia ke China, termasuk melalui kerja sama two countries twin parks,” ujarnya dalam keterangan resminya.

Wapres pun mencontohkan, Kawasan Fuqing Yuanhong Internasional Food Industrial Park dapat menjadi point of entry dan lokasi pengembangan perdagangan produk makanan dan minuman. Termasuk juga kerja sama perdagangan produk halal, khususnya makanan dan minuman, farmasi, dan kosmetik halal.

“Terdapat potensi pasar yang besar di Indonesia dengan 230 juta penduduk muslim. Bahkan, di sektor fesyen muslim, Indonesia menduduki peringkat ketiga dunia,” paparnya.