Mengukur kerja-kerja Ganjar, Anies, dan Ridwan sebagai gubernur

Ganjar, Anies, dan Kang Emil elektabilitasnya kerap tinggi sebagai capres dalam survei beberapa lembaga. Siapa kinerjanya paling moncer?

Ilustrasi Anies Baswedan, Ridwan Kamil, dan Ganjar Pranowo. Alinea.id/Aisya Kurnia

Nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi yang paling banyak disebut-sebut sebagai calon presiden pada Pilpres 2024 dalam banyak survei politik.

Misalnya, hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) pada akhir 2022 menempatkan Ganjar di peringkat teratas capres, dengan elektabilitas 26,5%. Ia mengalahkan elektabilitas mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (18,6%), Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (16,8%), dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (6%).

Dalam jajak pendapat Indikator Politik Indonesia (IPI) pada 1-6 Desember 2022, Ganjar nangkring di pucuk survei capres dengan elektabilitas 29,5%, diikuti Anies (22,8%). Sedangkan Ridwan ada di posisi keempat.

Meski elektabilitas Ridwan rendah untuk capres, tetapi kader anyar Partai Golkar itu moncer sebagai calon wakil presiden atau cawapres. Dalam survei IPI, Ridwan ada di peringkat pertama sebagai cawapres dengan elektabilitas 21,6%.

Di sisi lain, dari dua nama gubernur dan seorang mantan gubernur itu, berdasarkan riset Indonesia Indicator yang bersumber dari media online menunjukkan, Anies menempati urutan pertama terpopuler, dengan 449.405 pemberitaan. Diikuti Ridwan dan Ganjar.