Mulai pangkas eselon, Kemenpan RB targetkan rampung bulan ini

Penyederhanaan tingkat eselon ini akan diikuti oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10)./ Antara Foto

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan menjadi lembaga pemerintah yang pertama melakukan penyederhanaan level jabatan eselon. Pemangkasan hingga menyisakan dua eselon di kementerian/lembaga serta pemerintah daerah lainnya, akan dilakukan setelah proses di Kemenpan RB selesai.

"Kami yang pertama. Mudah-mudahan pertengahan bulan November ini selesai. Nanti kita umumkan," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo di Jakarta, Selasa (5/11).

Menurutnya, penyederhanaan tingkat eselon ini akan diikuti oleh kementerian/lembaga dan pemerintah daerah. Tjahjo mengaku pagi hari ini, pihaknya telah meminta masukan awal dari seluruh sekjen dan sekretaris kementerian/lembaga, untuk mempersiapkan penyederhanaan level jabatan birokrasi ini.

Mantan Menteri Dalam Negeri ini pun memastikan, pemerintah akan melakukan pemangkasan eselon dengan cermat, teliti, dan hati-hati. Penyederhanaan level jabatan ini dipastikan tidak akan menghambat program-program kementerian/lembaga serta pemerintah daerah. 

"Mudah-mudahan timeline yang kita persiapkan selama enam bulan ini akan bisa terjawab dengan baik," jelas dia.