Pemerintah ajak Selandia Baru selamatkan pilot Susi Air di Papua

Warga Paro pun berbondong-bondong mengamankan diri ke Distrik Kenyam dengan berjalan kaki sejak Kamis (9/2) malam.

Pemerintah ajak Selandia Baru selamatkan pilot Susi Air di Papua

Pemerintah Republik Indonesia akan mengajak Selandia Baru dalam upaya penyelamatan pilot pesawat Susi Air, Kapten Philip Merthens. Philip sendiri merupakan warga Selandia Baru.

Menko Polhukam RI, Mahfud MD mengatakan, tindakan penyanderaan ini tidak dapat diterima apalagi Philip adalah warga sipil. Philip masih dalam penyanderaan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

"Pemerintah Republik Indonesia terus melakukan komunikasi dengan pemeirntah Selandia Baru untuk memantau dan mengakselerasi penanganan pembebasan sandera Philps Mark Merthens. Penyanderaan warga sipil, dengan alasan apa pun tidak dapat diterima," kata Mahfud MD melalui siaran daring, Selasa (14/2).

Mahfud menyebut, pendekatan ini merupakan upaya persuasif menjadi pedoman utama demi keselamatan sandera, tetapi pemerintah tidak menutup upaya lain. 

Pemerintah juga ingin menegaskan bahwa Papua adalah bagian sah dari NKRI. Baik menurut konstitusi Republik Indonesia maupun menurut hukum internasional maupun menurut fakta yang sekarang sedang berlangsung.