Pesawat Pilatus tergelincir di Kabupaten Paniai

Pesawat membawa empat penumpang.

Pesawat jenis Pilatus SMART PK-SNB milik maskapai Smart Cakrawala Aviation tergelincir di Kabupaten Paniai, Papua, Sabtu (26/2/2022). Foto dokumentasi Humas Polda Papua.

Pesawat jenis Pilatus SMART PK-SNB milik maskapai Smart Cakrawala Aviation tergelincir di Kabupaten Paniai, Papua, Sabtu (26/2). Pesawat tersebut membawa empat penumpang.

“Pada hari Sabtu tanggal 26 Februari 2022, di lapter (lapangan terbang) perintis Kampung Bayabiru Distrik Bayabiru, telah terjadi kecelakaan tergelincirnya pesawat jenis Pilatus SMART PK-SNB dengan Kapten Pilot David Alonso dan Kapten Febrian Sahetapi," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ahmad Musthofa Kamal, dalam keterangan resmi, Sabtu (26/2).

Ahmad membeberkan kronologi kecelakaan tersebut. Sekitar pukul 10.10 WIT, pesawat Pilatus SMART PK-SNB terbang dari bandara Nabire dengan membawa empat orang penumpang, yakni Niko, Bongga, Derika, dan Arjuni serta barang bawaan, landing di lapter Bayabiru.

Ketika sedang landing, tiba-tiba pesawat tergelincir dan ban kanan pesawat masuk parit serta baling-baling pesawat depan menabrak pemukiman penduduk yang berada di sekitar lapter.

"Akibat dari kecelakaan tergelincirnya pesawat Pilatus tersebut tidak terdapat korban jiwa baik yang luka-luka maupun meninggal dunia,” jelasnya.