Siasat partai gurem menembus Gedung DPR

Parpol papan bawah mulai menggelar sejumlah strategi demi mendudukkan kader mereka di Gedung DPR.

Ilustrasi gedung DPR RI. /Foto Antara

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor sibuk bukan main sepanjang Ramadan. Hampir saban hari, Afriansyah bersafari politik ke cabang PBB. Berbuka bersama jadi kegiatan rutin yang digelar pria yang akrab disapa Ferry itu untuk mengakrabkan diri dengan para kader. 

Itu semua dilakukan Afriansyah untuk memastikan infrastuktur politik PBB siap di seluruh negeri. Agustus mendatang, PBB bakal mendaftarkan diri sebagai salah satu parpol peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). 

"Kami enggak mau lagi kejadian itu (PBB tak lolos verifikasi faktual) terulang. Belakangan, saya pergi ke cabang untuk memastikan infrastruktur partai siap," kata Ferry saat berbincang dengan Alinea.id di Jakarta, Selasa (19/4). 

Pada 2018, PBB nyaris tak bisa jadi peserta pemilu lantaran tak lolos verifikasi faktual yang digelar KPU. PBB lantas menggugat keputusan itu ke Bawaslu RI. Oleh Bawaslu, PBB dianggap memenuhi syarat menjadi peserta Pemilu 2019. 

"Untuk persiapan verifikasi administrasi infrastruktur partai, saya perbaiki dari tingkat DPP 100%, kemudian 100% di tingkat provinsi DPW. Dari tingkat kabupaten/kota, sebanyak 100%. Sekarang ini, PBB sudah melakukan perbaikan di 420 DPC di seluruh Indonesia," kata Ferry.