Sirkuit Ancol: Penghasil pembalap nasional yang dilupakan zaman

Dari sirkuit ini muncul nama Tinton Soeprapto, Richard Hendarmo, dan Aswin Bahar

Iustrasi sirkuit balap. Alinea.id/Aisya Kurnia.

Riuh seri terakhir World Superbike 2021 sudah digelar pada Jumat (19/11), berlangsung hingga Minggu (21/11) di Pertamina Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Pembalap asal Turki Toprak Razgatlioglu dari tim Pata Yamaha dan pembalap asal Irlandia Utara Jonathan Rea dari tim Kawasaki Racing menjadi kandidat terkuat sebagai juara musim ini.

Selain ajang World Superbike, Sirkuit Mandalika rencananya akan digunakan untuk MotoGP pada Maret 2022. Sirkuit dengan lintasan sepanjang 4,31 kilometer dan 17 tikungan ini dibangun sejak 2019 dan rampung pada November 2021.

Presiden Joko Widodo pun sempat menjajal sirkuit ini dengan mengendarai sepeda motor Kawasaki W175 pekan lalu. Setelah itu, Jokowi meresmikan arena balap internasional ini.

Proyek besar Otorita Ancol

Di samping Sirkuit Mandalika, Indonesia punya banyak sirkuit balap sepeda motor, mobil, gokar, maupun off-road. Jaya Antjol Circuit Djakarta yang ada di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara menjadi sirkuit pertama dan satu-satunya di Indonesia pada 1970-an hingga 1980-an. Pembangunannya masuk dalam proyek besar Otorita Ancol, dengan Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin dan pengusaha Ciputra sebagai tokoh utamanya.