Soal penyebaran paham radikal, Ace Hasan: Jangan generalisir

Sebaiknya Menag mempelajari dulu secara komprehensif berbagai kajian dan studi tentang paham radikalisme itu menyebar.

Menteri Agama Fachrul Razi saat erespons sejumlah isu aktual seputar kehidupan beragama di tanah air, di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Selasa (18/2)/Foto Antara/ Risyal Hidayat.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzili, turut angkat bicara ihwal pandangan Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, terkait penyebaran pemahaman radikalisme di masjid yang ada di lingkungan pemerintahan melalui sosok good looking. Baginya, pernyataan Fachrul tidak tepat.

"Jangan menggeneralisasi gejala munculnya paham radikalisme hanya pada suatu gejala tertentu," ujar Ace, kepada wartawan, Jumat (4/9).

Politikus Partai Golkar itu menilai, pandangan keliru terkait suatu pemahaman radikalisme akan menyebabkan lahirnya kebijakan keliru pula. Menurutnya, terdapat banyak studi dan kajian yang telah dilakukan terkait penyebaran paham radikalisme, salah satunya melalui media sosial. 

"Sebaiknya, Pak Menteri mempelajari dulu secara komprehensif berbagai kajian dan studi tentang bagaimana paham radikalisme itu menyebar," ujar Ace.

Hanya saja, Ace tidak menampik adanya penyebaran paham radikalisme di lingkungan masjid milik pemerintah. "Saya kira memang ada gejalanya ke sana," ucap dia.