Yasonna Laoly resmi copot Ronny F Sompie dari Dirjen Imigrasi

Pencopotan Ronny F Sompie ditengarai setelah dirinya membenarkan tersangka suap yang juga politikus PDI-P, Harun Masiku, telah di Jakarta.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna H. Laoly. Antara Foto

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna Laoly, resmi mencopot Direktur Jenderal Imigrasi, Ronny F Sompie. Sebagai gantinya, Yasonna menunjuk Irjen Kemenkumham, Jhoni Ginting, sebagai Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Imigrasi.

“Sekarang Dirjen Imigrasi sudah di-plh (pelaksana harian) dan Direktur Sisdiknya. Pergantiannya sebelum jam 12 siang,” kata Yasonna di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Selasa (28/1).

Direktorat Sisdik adalah pihak yang membawahi teknologi informasi di Ditjen Imigrasi Kemenkumham. Yasonna menjelaskan, pencopotan Direktur Sisdik Keimigrasian karena dia turut serta dan dianggap bertanggung jawab terhadap sistem yang tidak berjalan dengan baik di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

"Plh itu Irjen, Dirsisdik Kemigrasian juga (di-plh-kan) karena dia turut sangat menentukan kenapa itu sistem tidak berjalan dengan baik, mereka bertanggung jawab soal itu," kata Yasonna.

Lebih lanjut, Yasonna menjelaskan, ada kejanggalan dalam sistem yang ada di terminal Bandara Soekarno-Hatta. Karena itu, ia ingin ada tim independen yang mengawasi sistem tersebut yang berasal dari sejumlah lembaga seperti Polri, Ombudsman, Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN), dan Kemenkominfo.