Perburuan gelar Liga Inggris: Bagaimana lima peringkat teratas bersaing

Dengan cara yang sama, tidak ada yang berpikir bahwa Spurs akan berada di puncak klasemen setelah 10 pertandingan.

Foto: Pixabay

Hanya enam poin memisahkan lima tempat pertama di klasemen Premier League, Manchester City menghadapi tantangan untuk mempertahankan mahkota mereka.

1. Arsenal: Main 18, Poin 40, Selisih gol +20

Fakta: Ketika Martin Ødegaard memberikan umpan silang pada tendangan terakhirnya di Luton pada tanggal 5 Desember, ada keniscayaan mengenai gol penentu kemenangan dari Declan Rice. Bukan hanya karena Rice pernah melakukannya – ingat gol penentunya di menit ke-96 melawan Manchester United pada 3 September – namun karena Arsenal sudah terbiasa melakukan hal semacam ini; dorongan pantang menyerah yang mengedepankan mentalitas juara. Mereka juga dapat menghitung gol kemenangan di menit-menit akhir melawan Manchester City dan Brentford, serta gol penyeimbang pada menit ke-84 melawan Chelsea. 

Apa yang menggarisbawahi anggapan bahwa ini akan menjadi tahunnya Arsenal di Liga Premier adalah fondasi yang telah dibangun oleh Mikel Arteta. Rekrutmen Rice di lini tengah sangatlah besar; dia sangat membantu tim dalam bertahan, terutama saat melawan serangan balik, memberikan kendali, yang menjadi kata kunci musim ini sejauh ini. Pertahanannya sendiri telah berkembang, membentuk keamanan yang bersahaja, dengan William Saliba sebagai pusatnya. Lalu ada kekuatan yang lebih besar dibandingkan musim lalu, ketika tantangan kejutan kehabisan tenaga pada bulan April, ancaman nyata pada bola mati dan kemampuan Ødegaard dan Bukayo Saka untuk mewujudkan sesuatu.

Tantangan: Alasan terbesar adalah Manchester City; kemungkinan, yang dapat dideteksi dalam koridor kekuasaan atas Arsenal, bahwa sang juara bertahan siap untuk mencatatkan performa buruk di paruh kedua musim ini. Seperti yang mereka lakukan. Selain itu, mampukah Gabriel Jesus mencetak cukup banyak gol sebagai pemain nomor 9? Bisakah klub mengatasi peningkatan ekspektasi ini? (Terhadap hal tersebut, tekanan selalu besar di Arsenal.) Apakah mereka sama fasih dalam menyerang seperti musim lalu? Dan apakah perpindahan posisi kiper skuad Arteta dari Aaron Ramsdale ke David Raya akan membawa dampak buruk?