Piala Sudirman 2023: Satu angka hampir mampir ke pelukan Indonesia

Indonesia harus mengakui pasangan China peringkat satu dunia membuktikan kelas mereka.

Rinov Rivaldy memegang serve, Gloria Emanuelle Widjaja bersiaga. Foto BWF TV

Tim nasional Indonesia terpaksa menghentikan langkahnya di perempatfinal Piala Sudirman 2023. Anthony Sinisuka Ginting dkk menyerah telak 0-3 dari tim unggulan tuan rumah di Suzhou Olympic Sports, Suzhou, China, Jumat (19/5).

Tampil di partai pertama, ganda campuran Rinov Rivaldy/Gloria Emanuelle Widjaja dilanda ketegangan yang menyiksa saat merebut match point di set kedua. Sudah unggul 21-20 dalam deuce, sekali tepukan kemenangan saja gagal mereka sabetkan untuk menyudahi pertandingan.

Set pertama telah dimenangkan Rinov/Gloria dari Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong dengan skor 21-13. Tinggal satu poin di ujung serve set kedua, tapi pasangan Indonesia malah tersiksa ketegangan sendiri.

Padahal, sebelum itu, Rinov/Gloria sempat melesat jauh 19-14. Sensasi dramatis membalikkan keadaan, game point 20-19 buat Zheng/Huang. Poin kritis itu berhasil dipatahkan sergapan Gloria lewat smes keras yang tidak bisa ditangkis, backhand Ya Qiong meleyot. Kedudukan pun berubah sama kuat 20-20.

Rinov/Gloria berbalik unggul 21-20 setelah perlawanan sengit 14 kali jual-beli pukulan. Transisi apik diperagakan kedua pasangan dalam rangkaian adegan menakjubkan. Gloria berdiri di depan, memotong laju shuttlecock, bolanya bisa ditangkis, backhand Ya Qiong menyeberang net, tapi melebar keluar lapangan.