Pakar mikro ekspresi: 3 cawapres tampil superior dengan cara berbeda

Muhaimin lebih percaya diri, Gibran masih menggunakan strategi sebelumnya, Mahfud kaya akan data.

Calon wakil presiden Mahfud MD, Muhaimin Iskandar, dan Gibran Rakabuming Raka saat debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (21/1/2024) malam. Alinea.id/Faisal Adnan

Adu gagasan antara calon wakil presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD pada debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu (21/1), mengungkap para kandidat ingin tampil superior dengan cara yang berbeda. Tiga kandidat berusaha memanfaatkan momen debat terakhir untuk cawapres yang mengangkat tema pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup, sumber daya alam dan energi, pangan, agraria, masyarakat adat, dan desa.

Pakar mikro ekspresi Dody Triasmara mencermati, mimik wajah Muhaimin dan Mahfud terlihat paling percaya diri. Cawapres nomor urut 1 dan 3 itu, menurut Dody, menunjukkan tajinya dalam debat dengan gagasan yang cukup berisi.

“Saya lihat Cak Imin (Muhaimin Iskandar) sangat mempersiapkan. Artikulasinya jauh lebih baik dari debat cawapres sebelumnya,” kata Dody kepada Alinea.id, Senin (22/1).

Pendamping Anies Baswedan pun tangkas merespons “pertanyaan jebakan” dari Gibran. Bahkan, saat disindir menjawab dengan membaca catatan, Ketua Umum PKB itu langsung membalas dengan sindiran yang penting bukan catatan Mahkamah Konstitusi.

“Cak Imin tegas mengkritisi kegagalan food estate,” ucap Dody.