KPU rekapitulasi suara Jawa Barat dan Sulsel hari ini

Proses rekapitulasi akan dimulai sekitar pukul 10.00 WIB.

Petugas melakukan penghitungan dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Penghitungan dan Perolehan Suara Tingkat Nasional Dalam Negeri dan Penetapan Hasil Pemilu 2019 di kantor KPU, Jakarta, Rabu (15/5)./ Antara Foto

Rekapitulasi suara nasional oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan berlanjut hari ini. Rekapitulasi hari ini dilakukan terhadap dua provinsi, yaitu Jawa Barat dan Sulawesi Selatan. Sampai semalam, KPU sudah menuntaskan penghitungan perolehan suara di 26 dari 34 provinsi.

"Jawa Barat sudah siap kita rekapitulasi besok (Kamis, 16/5). Sementara Sulawesi Selatan kemungkinan tiba pada sore hari," kata Ketua KPU Arief Budiman di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (15/5) malam.

Menurut Arief, KPU hanya akan membuat satu panel rapat pleno di ruang sidang utama Gedung KPU. Ini dikarenakan hanya ada dua provinsi yang akan direkapitulasi hari ini.

Rekapitulasi Jawa Barat dijadwalkan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Mengingat banyaknya jumlah pemilih di provinsi ini, diperkirakan rekapitulasi baru selesai pada sore hari.

"Kita berkaca pada Jawa Timur dan Jawa Tengah, di Jawa Barat mungkin sampai sore karena banyaknya jumlah pemilih di sana," kata Arief.