Sayonara koalisi Prabowo-Sandi

Koalisi Indonesia Adil Makmur pengusung Prabowo-Sandi resmi bubar. Lantas, bagaimana masa depan partai-partai koalisi?

Koalisi Indonesia Adil Makmur pengusung Prabowo-Sandi resmi bubar. / Antara Foto

Koalisi Indonesia Adil Makmur pengusung Prabowo-Sandi resmi bubar. Lantas, bagaimana masa depan partai-partai koalisi?

Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengembalikan mandat politik kepada masing-masing partai politik (parpol) pengusungnya dalam Pilpres 2019. Pengembalian mandat tersebut dilakukan usai Prabowo resmi membubarkan koalisi Indonesia Adil dan Makmur.

Sekretaris Jendral (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra, Ahmad Muzani, mengatakan alasan pengembalian mandat politik tersebut merupakan bukti Prabowo telah menghormati putusan Mahkam Konstitusi (MK). Bagi Prabowo, bagaimana pun keputusan MK harus dihormati karena bersifat final.

Ihwal arah politik parpol pendukungnya ke depan, dikatakan Muzani, Prabowo juga telah menyerahkan sepenuhnya kepada kebijakan masing-masing partai. Pasalnya, menurut dia, semua partai pasti memiliki pertimbangan dan cara berpikir yang beda, tidak berhak diintervensi satu sama lain.

"Oleh karena itu beliau menghormati semua dan mempersilakan kepada partai politik untuk mengambil keputusan dan langkah politik masing-masing," terang Muzani di Media Center Prabowo-Sandi, Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (27/6).