Ahmad Basarah: PDIP tak tarik NU hanya untuk cawapres Ganjar

Sosok calon yang bakal mendampingi Ganjar tengah dipikirkan oleh Ketua Umum PDIP.

Konferensi pers pembukaan markas pemenangan Ganjar Pranowo, Jumat (12/5). Alinea.id/Gempita Surya.

PDI Perjuangan angkat bicara soal isu pertimbangan calon pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 dari kader Nahdlatul Ulama (NU). Ketua DPP PDIP, Ahmad Basarah, menyatakan pihaknya menghormati eksistensi NU sebagai ormas Islam di Indonesia.

"PDIP tidak akan menarik NU ke dalam pusaran politik karena kita menghomati betul," kata Basarah kepada wartawan di Sekretariat Pusat TKRPP-PDIP, Jakarta Pusat, Jumat (12/5).

Basarah mengatakan, sosok calon yang bakal mendampingi Ganjar tengah dipikirkan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Meski tak disebutkan secara gamblang, nama bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar di antaranya beredar di publik.

"Sosok yang diincar, tentu kalau dalam bahasa Ibu Mega, sedang dipikirkan secara kontemplatif dari nama-nama yang ada, baik yang beredar di publik maupun yang tidak beredar di publik," ujar dia.

Basarah menekankan, proses pencarian sosok pendamping Ganjar masih panjang. Hal tersebut akan terus dibahas bersama ketua umum dari partai politik (parpol) pengusung Ganjar.