Aroma politis dalam 'plot' Jokowi jegal Anies

Kebijakan Anies Baswedan kerap dikritik dan dihambat 'orang-orang' Jokowi.

Pemerintah pusat kerap berseberangan dengan Pemprov DKI dalam berbagai kebijakan. Ilustrasi Alinea.id/Dwi Setiawan

Stasiun Boulevard Selatan, Kelapa Gading, Jakarta Utara tampak lengang, Senin (10/2) siang itu. Tak terlihat kerumunan penumpang di lorong-lorong stasiun moda transportasi massal lintas rel terpadu atau light rail transit (LRT) Jakarta itu. 

Suasana serupa dijumpai di depan loket tiket otomatis. Di situ, tak terlihat barisan penumpang mengekor untuk mendapatkan tiket. Padahal, stasiun megah dan berfasilitas mewah itu telah satu tahun beroperasi. 

"Ramai sih kalau weekend. Untuk hari-hari biasa, biasanya pas mau berangkat atau pulang kerja aja," kata Vivi, salah seorang petugas pembersihan di stasiun itu, saat berbincang dengan Alinea.id. 

Suasana sedikit berbeda terlihat di Stasiun Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur. Meski bisa dihitung dengan jari, namun arus penumpang yang datang dan keluar stasiun mengalir dengan lancar. "Mungkin belum terkenal aja kali, ya," kata Dian, salah seorang penumpang LRT. 

Setelah tiga kali uji coba, layanan LRT Jakarta resmi beroperasi secara komersial pada awal Desember 2019. Ketika itu, ada 1.044.457 pelanggan jalur LRT fase I yang didata PT LRT Jakarta.