Usul dana Pemilu 2024 Rp86 triliun, Dasco: Sesuai kebutuhan KPU

KPU harus meminimalisir anggaran tahapan pemilu yang disesuaikan sehingga dapat mengimbangi keuangan negara.

Foto ilustrasi Pemilu. Foto Antara.

Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, menyatakan, usulan anggaran Rp86 triliun untuk Pemilihan Umum (Pemilu 2024) harus mempertimbangkan kestabilan ekonomi negara dalam masa pandemi.

"Tentunya, kami harus lihat bagaimana keseimbangan dan kestabilan ekonomi negara kita dalam masa pandemi ini, sehingga mungkin nanti formulasinya akan disesuaikan yang tentunya akan dibicarakan antara pihak pemerintah KPU dan DPR dalam hal ini komisi teknis Komisi II DPR," kata Dasco kepada wartawan di komplkes Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (20/9).

Dasco berharap, Komisi Pemilihan Umum (KPU) bisa meminimalisir anggaran dengan tahapan pemilu yang disesuaikan, sehingga dapat mengimbangi keuangan negara.

"Kita harapkan bahwa permintaan dana yang diminta oleh KPU itu dapat diminimalisir dan tahapan-tahapannya dapat disesuaikan, sehingga dapat mengimbangi keuangan negara kita pada saat ini dan ditahun depan yang tahapan-tahapannya sudah akan dimulai," ujarnya.

Kendati demikian, Ketua Harian Partai Gerindra itu menilai, bahwa usulan anggaran tersebut sudah diperhitungkan KPU dan sesuai dengan kebutuhan Pemilu 2024.