DPR sesalkan anggaran kemiskinan Rp500 T hanya untuk rapat di hotel

Anas merasa jengkel terhadap program-program pengentasan kemiskinan di kementerian atau lembaga yang dinilai dihamburkan.

Mardani Ali Sera. Foto Alinea.id/Soraya Novika

Anggota Komisi II DPR Mardani Ali Sera mengatakan sangat prihatin dengan dugaan penyelewengan anggaran pengentasan kemiskinan Rp500 triliun hanya untuk melakukan rapat di hotel. Menurutnya, DPR akan mendalami hal ini lebih lanjut saat rapat dengar pendapat dengan beberapa menteri terkait.

"Ini bencana, mesti ada political will yang jelas. MenPAN-RB bisa usulkan pola dan mekanismenya, sayang sekali uang rakyat tidak efektif," ujar Mardani kepada wartawan, Senin (30/1).

Politikus PKS ini memastikan akan mendalami munculnya dugaan tersebut. Pangkalnya, anggi sebesar Rp500 triliun itu seharusnya dimanfaatkan untuk kepentingan rakyat.

Mardani juga meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mesti mengambil langkah untuk merespons dugaan penyelewengan anggaran kemiskinan ratusan triliunan tersebut.

"Kami akan dalami saat RDP (rapat dengar pendapat) di Komisi II nanti. Pak Jokowi juga mesti ambil tindakan. Bedah dan bereskan agar anggaran Rp 500 T ini bisa nendang manfaatnya bagi rakyat," katanya.