Eks Ketua KPK Agus Rahardjo benarkan maju DPD RI, alasannya?

Ada beberapa parpol yang menawarinya bergabung, tetapi Agus akhirnya memilih maju secara individu.

Eks Ketua KPK, Agus Rahardjo, membenarkan bahwa dirinya maju menjadi bakal calon senator alias DPD RI dari Jawa Timur. Twitter/@KPK_RI

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2015-2019, Agus Rahardjo, membenarkan dirinya maju dalam kontestasi politik pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Ia maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari Jawa Timur (Jatim).

"Betul, saya nyalon DPD RI dari Jawa Timur di Pemilu (Pemilihan Umum) 2024 untuk bisa mencapai Indonesia yang jaya dan maju di tahun 2045," kata Agus saat dihubungi wartawan, Jumat (19/5).

Agus mengungkapkan, ada beragam alasannya maju menjadi calon senator. Salah satunya, persoalan di pemerintahan, termasuk pemberantasan korupsi.

Menurutnya, permasalahan tata kelola di pemerintah daerah (pemda) perlu segera diperbaiki guna mendukung visi Indonesia maju.

"Masih banyak sekali kelemahan, kekurangan Indonesia yang perlu diperbaiki dan disempurnakan, terutama di bidang antikorupsi dan governance. Siapa pun orang Indonesia wajib berkontribusi untuk mewujudkan, memajukan, dan menyejahterakan RI. Saya memilih berkontribusi lewat DPD RI," tuturnya.