NasDem klaim koalisi dulu ada karena Jokowi

Menurut Nasdem, koalisi yang tercipta pada pemilu sebelumnya bukan karena PDIP.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersalaman dengan Ketua Umum DPP Partai NasDem, Surya Paloh (kanan depan). Dokumentasi Partai NasDem

Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, mengatakan satu-satunya alasan partainya berkoalisi dengan PDI Perjuangan (PDIP) ialah Presiden Joko Widodo. Dia menegaskan, koalisi dulu ada bukan karena faktor kedekatan dengan partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

Hal itu disampaikan Ahmad Ali merespons pernyataan Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, yang tidak akan bergabung dalam Koalisi Perubahan untuk mengusung Anies Baswedan.

"Satu hal yang harus dicatat oleh teman-teman PDIP bahwa kami itu berkoalisi dengan PDIP kemarin karena faktornya bukan PDIP, (tapi) karena faktornya Pak Jokowi," ujar Ahmad Ali kepada wartawan, Jumat (24/2).

Ali mengatakan, lantaran Jokowi tak lagi maju di Pilpres 2024, itu artinya tidak ada alasan Partai NasDem untuk berkoalisi dengan PDIP ke depan.

"Karena Pak Jokowi gak bisa lagi mencalonkan, karena aturannya membatasi, sehingga kemudian kita juga tidak akan bersama-sama. Tidak ada alasan juga untuk menyatukan kita dengan PDIP kemarin (selain) karena faktor Pak Jokowi," ucap dia.