Partai Demokrat: Pemerintah tak perlu takut Pansus Jiwasraya

Partai Demokrat mempertanyakan komitmen partai politik di DPR untuk membentuk Pansus Jiwasraya.

Warga melintas di depan kantor Asuransi Jiwasraya di Jalan Juanda, Jakarta. Antara Foto

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Didi Irawadi, mengatakan pemerintah tidak perlu takut bila DPR membentuk panitia khusus atau Pansus terkait kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya yang merugikan negara hingga Rp13,7 triliun itu.

Menurut Didi, jika pemerintah berkomitmen ingin menyelesaikan kasus Jiwasraya, mestinya pemerintah mendukung pembentukan Pansus Jiwasraya. Dengan adanya pansus, justru dapat memudahkan kerja pemerintah, bukan mempersulit untuk menyelesaikan kasus Jiwasraya.

“Untuk menegakan kebenaran, kenapa harus takut membentuk pansus. Pansus bukan memberatkan tapi meringankan kerja pemerintah. Karena tugas pansus menelusuri secara politis sampai akar yang paling dalam,” kata Didi dalam sebuah diskuis di Jakarta, Minggu (19/1).

Didi menjelaskan, kinerja pansus berbeda dengan panitia kerja atau panja. Kewenangan pansus dapat memanggil paksa jajaran dari direksi atau pihak yang terlibat dalam kasus ini. Sementara panja kewenangannya tidak sebesar pansus.

Selain itu, pansus memiliki hak angket yang dapat digunakan untuk menyelidiki lebih dalam mengenai aliran uang Jiwasraya, sehingga dapat menyibak dugaan tondak pidana korupsi sampai ke akar-akarnya.