Soal Partai Mahasiswa Indonesia, PKS: Jika mandiri bagus sekali

PKS mengingatkan bahwa membangun partai politik bukanlah perkara gampang atau tak cukup hanya bermodal pengesahan di Kemenkumham.

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera.Foto: Istimewa

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera menyatakan, tak mempersoalkan kehadiran Partai Mahasiswa Indonesia selama memiliki tujuan dan konsep yang jelas. Menurutnya, Partai Mahasiswa Indonesia merupakan bentuk kesadaran bahwa partai politik merupakan saluran untuk membangun bangsa dan negara.

"Bagus. Kian awal sadar perlu membangun negeri melalui partai politik kian baik. Asal tentu dilandasi niat tulus dan konsep yang jelas," ujar Mardani kepada Alinea.id, Senin (25/4).

Kendati demikian, Mardani mengingatkan, membangun partai politik bukanlah perkara gampang atau tak cukup hanya bermodal pengesahan di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Bagi dia, partai politik membutuhkan sumber daya dan jejaring yang sangat besar.

Dia berharap, Partai Mahasiswa ini dapat mandiri ke depannya. "Tetapi jejaring dan aturan main parpol memerlukan sumber daya yang besar. Jika dapat mandiri maka itu bagus sekali," katanya.

Selain itu, tambah Mardani, melalui partai, mahasiswa lebih mudah mengontrol pemerintah. Dengan catatan, kehadirannya justru tidak melupakan fungsinya sebagai alat kontrol.