sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gaet investor ritel, produsen Bellini stock split saham

Perubahan nilai stock split perseroan ialah dari Rp100 per saham menjadi Rp20 per saham.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 23 Jul 2020 17:27 WIB
Gaet investor ritel, produsen Bellini stock split saham

Emiten tekstil dan garmen, PT Trisula Textile Industries Tbk. (BELL) melakukan perubahan atau pemecahan nilai nominal per saham perseroan (stock split). Perubahan nilai stock split perseroan ialah dari Rp100 per saham menjadi Rp20 per saham atau lima kali saham baru, seperti yang termuat dalam Akta Pernyataan Keputusan Rapat Nomor 13 pada tanggal 10 Juli 2020.

Direktur Utama BELL Karsongno Wongso Djaja mengatakan, aksi stock split ini merupakan salah satu upaya BELL untuk menjaga likuiditas saham.

"Kami harapkan perubahan ini dapat membuka akses bagi para investor ritel, karena harga saham yang menjadi lebih terjangkau. Kami juga berharap likuiditas saham meningkat setelah eksekusi stock split,” ujar Karsongno dalam keterangan resminya, Kamis (23/7).

Dengan aksi stock split ini, jumlah lembar saham BELL yang diperdagangkan ke publik saat ini menjadi 7,25 miliar lembar dari sebelumnya 1,45 miliar saham. Emiten yang bergerak di industri tekstil ini optimistis stock split dapat meningkatkan jumlah pemegang saham perseroan.

“Kami optimistis dengan adanya stock split dapat menarik antusiasme para investor untuk berinvestasi dengan BELL. Di sisi lain, aksi ini juga sebagai upaya kami untuk dapat bersinergi dengan PT Bursa Efek Indonesia (BEI) dalam menarik minat publik untuk berinvestasi,” ujarnya.

Stock split ini sebelumnya telah disetujui oleh para pemegang saham pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) BELL yang diselenggarakan pada 15 Juni 2020.

Adapun waktu akhir perdagangan saham BELL dengan nominal lama di pasar reguler dan rasar negosiasi adalah 30 Juli 2020. Sedangkan awal perdagangan saham dengan nominal baru di pasar reguler dan pasar negosiasi adalah 3 Agustus 2020. Kemudian, penyelesaian transaksi saham dengan nominal lama akan dilakukan pada tanggal 4 Agustus 2020.

Rencananya, saham dengan nominal baru akan didistribusikan oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada 5 Agustus 2020, bersamaan dengan tanggal awal perdagangan saham dengan nilai nominal baru di pasar tunai.

Sponsored

Sebagai catatan, bagi pemegang saham yang sahamnya berada pada penitipan kolektif KSEI, pelaksanaan stock split akan dilaksanakan berdasarkan saldo saham perseroan pada masing‐masing subrekening efek pada akhir perdagangan saham di BEI, yaitu pada tanggal 3 Agutus 2020 dan didistribusikan melalui subrekening efek pemegang saham di KSEI pada 5 Agustus 2020.

Berita Lainnya