sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Indonesia masih pakai premium, Ketua Banggar DPR sindir Ahok

Padahal, sejumlah negara telah menghapuskan bahan bakar jenis ini dari pasaran dan beralih ke BBM yang lebih ramah lingkungan.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Rabu, 07 Apr 2021 17:13 WIB
Indonesia masih pakai premium, Ketua Banggar DPR sindir Ahok
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Anggota DPR mempertanyakan alasan PT Pertamina (Persero) yang masih menjual bahan bakar minyak (BBM) berjenis premium di dalam negeri. Padahal, sejumlah negara telah menghapuskan bahan bakar jenis ini dari pasaran dan beralih ke BBM yang lebih ramah lingkungan.

Oleh karena itu, Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR Said Abdullah pun mempertanyakan kinerja Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang menurutnya tidak berkutik meredam kepentingan importir. 

"Kenapa kita masih premium? Kita saja yang pakai premium. Negara lain sudah tidak. Apa memang pemerintah kalah sama importir?" katanya dalam RDP dengan pemerintah, Rabu (7/4).

Said pun menyindir Ahok yang menurutnya tidak setegas dan segalak sebelumnya, saat dirinya belum menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina. Harusnya, Ahok bisa mengintervensi para importir yang masih memasok premium demi keuntungan pribadi.

"Kenapa Ahok tidak ngubek-ngubek importir itu ya?" tanya dia.

Untuk memperbaiki tata kelola energi, pemerintah harus terus berbenah diri. Termasuk dalam hal pemberian subsidi energi kepada kelompok kurang mampu.

Oleh karena itu, pemerintah harus memastikan bahwa subsidi energi, seperti subsidi LPG 3 kg, listrik, dan pupuk, disalurkan kepada yang benar-benar membutuhkan. Sehingga tidak hanya menjadi beban fiskal, namun meningkatkan kesejahteraan penerima manfaat.

"Kalau itu beban APBN dan rakyat menjadi sejahtera mungkin tidak masalah," ucapnya.

Sponsored
Setelah mereka meniup peluit...

Setelah mereka meniup peluit...

Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
Memutus belenggu generasi sandwich

Memutus belenggu generasi sandwich

Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB
Berita Lainnya