sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mendikbud Nadiem ingatkan toleransi di bulan Ramadan

Masyarakat sudah sering membicarakan tentang toleransi. Namun, pada kenyataannya kasus intoleransi masih terus terjadi.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Sabtu, 08 Mei 2021 15:50 WIB
Mendikbud Nadiem ingatkan toleransi di bulan Ramadan

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim mengingatkan agar selalu menjaga toleransi pada bulan Ramadan. Di samping menjalankan ibadah puasa, menjaga hubungan antar sesama manusia juga wajib dilakukan.

"Penting bagi kita untuk menghargai sesama umat beragama. Karena puasa bukan aktivitas yang hanya dilakukan umat muslim saja, teman-teman Hindu melakukan puasa, begitu juga umat Kristen," kata Nadiem, Sabtu (8/5). 

Dia melanjutkan, masyarakat sudah sering membicarakan tentang toleransi. Namun, pada kenyataannya kasus intoleransi terus terjadi di sekitar kita. 

Menurutnya, hal tersebut terjadi karena belum adanya kebijakan yang langsung mengarah ke pencegahan atau penanganan kasus intoleransi. 

Sponsored

"Ironisnya lagi, banyak kasus intoleransi yang terjadi di sekolah dan kampus, yang semestinya menjadi tempat belajar caranya menghargai perbedaan melalui pertemanan dan pelajaran di dalam kelas," ujarnya.

Oleh karena itu, kata Nadiem, pihaknya bertekad menghapus tiga dosa besar di dunia pendidikan, yakni intoleransi, perundungan, dan kekerasan seksual. 

Nadiem  menilai pendidikan harus bebas dari intoleransi. Pasalnya, kreativitas, nalar kritis, dan inovasi hanya dapat berkembang jika peserta didik dan pendidik di seluruh Indonesia belajar dengan merdeka tanpa paksaan dan tekanan. 

Berita Lainnya