sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Takut telat karena ada aksi 114? Penumpang kereta api bisa naik dari Stasiun Jatinegara, khusus hari ini

Bagi yang belum mendapatkan booster diharuskan menyiapkan hasil negatif tes Covid-19 sebelumnya.

Fatah Hidayat Sidiq
Fatah Hidayat Sidiq Senin, 11 Apr 2022 07:33 WIB
Takut telat karena ada aksi 114? Penumpang kereta api bisa naik dari Stasiun Jatinegara, khusus hari ini

Penumpang kereta api jarak jauh (KKAJ) dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, dapat naik dari Stasiun Jatinegara, Jakarta Timur, pada hari ini (Senin, 11/4).

Langkah ini dilakukan guna mengantisipasi penumpang terlambat akibat pengalihan arus lalu lintas, yang diberlakukan akibat aksi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI).

"Khusus hari Senin (11/4), terdapat tujuh keberangkatan sekitar pukul 09.00 sampai dengan 16.00 WIB yang akan berhenti di Stasiun Jatinegara untuk melayani naik-turun penumpang," ucap Kepala Humas PT Kereta Api Indoensia (KAI) Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, dalam keterangannya, beberapa saat lalu.

"Pada saat normal, kereta api yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara," imbuh dia. Waktu keberangkatan KA dari Stasiun Gambir tetap sesuai jadwal atau tidak mengalami perubahan.

Eva berharap, kebijakan ini dapat memudahkan para calon penumpang, khususnya dari risiko kemacetan yang berpeluang terjadi akibat rekayasa lalu lintas menuju Stasiun Gambir. Pangkalnya, memiliki alternatif untuk berangkat dari Stasiun Jatinegara.

Di sisi lain, para calon penumpang yang belum menerima vaksin Covid-19 dosis ketiga (booster) diminta sudah melakukan tes sebelumnya. Pangkalnya, tidak tersedia layanan tes di Stasiun Jatinegara.

Sebagai informasi, sesuai Surat Edaran Menteri Perhubungan (SE Menhub) Nomor 39 Tahun 2022, penumpang perjalan dalam negeri dengan KA wajib mematuhi berbagai peraturan guna meminimalisasi risiko penularan Covid-19.

Ada beberapa ketentuan di dalamnya, seperti penerima dosis penguat tak diperlukan menunjukkan hasil negatif berdasarkan tes Covid-19 kecuali bagi yang baru mendapatkan dosis pertama (RT-PCR 3x24 jam) dan dosis kedua (tes antigen 1x24 jam atau RT-PCR 3x24 jam).

Sponsored

Kemudian, bagi yang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis pun diwajibakn menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah dan hasil negatif tes RT-PCR (3x24 jam). Berbeda dengan calon penumpang berusia di bawah 6 tahun, tak diharuskan vaksin dan bebas dari kewajiban menunjukkan hasil negatif tes antigen atau RT-PCR, tetapi mesti ditemani pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Para calon penumpang KA dapat mengetahui informasi perjalanan dengan menghubungi pusat informasi KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, surel cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

Berikut daftar tujuh kereta api keberangkatan Stasiun Gambir yang berhenti di Stasiun Jatinegara
1. KA 20F Argo Cheribon keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 09.40 WIB,
2. KA 48F Argo Parahyangan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 10.10 WIB,
3. KA 50F Argo Parahyangan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 12.30 WIB,
4. KA 7002 Argo Sindoro tambahan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 13.05 WIB,
5. KA 40 Argo Parahyangan keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 15.30 WIB,
6. KA 74 Brawijaya keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 15.40 WIB, dan
7. KA 12 Argo Sindoro keberangkatan dari Stasiun Gambir pukul 16.25 WIB.

Berita Lainnya
×
tekid