sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PLN masih putus aliran listrik di beberapa wilayah terdampak banjir

Hingga kini, PLN telah menghubungkan kembali arus listrik pada 1.369 gardu distribusi dan 333.505 pelanggan di Jabar.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Minggu, 21 Feb 2021 17:47 WIB
PLN masih putus aliran listrik di beberapa wilayah terdampak banjir
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

PLN terus siap siaga mengamankan pasokan listrik dan memantau wilayah terdampak banjir di Jawa Barat (Jabar). Di Kabupaten Karawang, banjir melanda beberapa titik akibat debit air Sungai Citarum meluap. 

"PLN terus sigap dan siaga memantau kondisi wilayah yang terdampak banjir. Demi mengutamakan keselamatan masyarakat, pada beberapa daerah belum dapat dialiri listrik karena banjir masih tinggi," kata Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, & Bali PLN, Haryanto WS, dalam keterangan tertulis, Minggu (21/2).

Dia menambahkan, PLN akan segera memulihkan kembali aliran listrik apabila banjir surut dan aman bagi masyarakat. 

Secara keseluruhan, terdapat 2.119 unit gardu distribusi di Jabar yang terdampak banjir sampai dengan hari ini, pukul 13.00 WIB. Sementara itu, sebanyak 1.369 gardu distribusi dan 333.505 pelanggan telah berhasil PLN nyalakan kembali. 

Sponsored

"Sejak pertama kali banjir, sudah langsung ada tindakan dari pihak PLN untuk memadamkan aliran listrik, jadi biar enggak ada korsleting," tutur salah seorang Warga Karawang, Andre. 

Dirinya juga berterima kasih atas bantuan air bersih dari PLN karena sulit didapatkan selama banjir.

Selain itu, PLN mengimbau masyarakat waspada terhadap bahaya kelistrikan di musim hujan dan banjir. Apabila air mulai masuk ke rumah, warga diimbau secara mandiri mematikan listrik dari mini circuit breaker (MCB) pada kWh meter. Selanjutnya, bisa menghubungi PLN melalui aplikasi PLN Mobile atau Contact Center 123.

Berita Lainnya