sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jembatan Desa Kayu Batu rusak, Pemkab Kukar anggarkan Rp400 Juta bangun jembatan sementara

Jembatan ini sebagai akses sementara akibat jembatan kayu di desa tersebut rusak dan tidak bisa digunakan.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Jumat, 20 Jan 2023 08:47 WIB
Jembatan Desa Kayu Batu rusak, Pemkab Kukar anggarkan Rp400 Juta bangun jembatan sementara

Dinas Pengerjaan Umum Kabupaten Kutai Kartanegara (DPU Kukar) menyiapkan anggaran Rp400 juta dari APBD 2023 untuk membangun jembatan khusus roda dua dan pejalan kaki di Desa Kayu Batu, Kecamatan Muara Muntai. Jembatan ini sebagai akses sementara akibat jembatan kayu di desa tersebut rusak dan tidak bisa digunakan.

“Lokasi (jembatan sementara) tidak jauh dari lokasi jembatan yang rusak. Sambil menunggu perbaikan permanen tahun 2024," Kepala Bidang Bina Marga, Dinas PU Kukar, Restu Irawan, Kamis (19/1).

Restu mengatakan pembangunan jembatan sementara ini ini akan memakan waktu selama dua hari dan tetap menggunakan struktur jembatan kayu. Tetapi pembangunannya diperkuat dengan pipa baja untuk kaki-kaki jembatan.

"Untuk bibir tanah penopang jembatan akan diturap. Ini guna mencegah tanah bergerak agar tak menyebabkan pondasi dan kaki jembatan rusak dan amblas," pungkasnya.

Sponsored

Restu menjelaskan perbaikan permanen jembatan tersebut diperkirakan membutuhkan biaya hingga Rp18 miliar, dengan bentang jembatan sepanjang 30 meter. Jembatan ini memang masuk dalam rencana perbaikan bersama empat jembatan lainnya di Muara Muntai.

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Jejak berdarah Sumiarsih dari Gang Dolly

Minggu, 05 Feb 2023 06:18 WIB
Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Supaya posyandu lansia tak tersia-sia...

Sabtu, 04 Feb 2023 06:12 WIB
Berita Lainnya
×
tekid