sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

127 warga Malaysia korban penipuan diselamatkan dari pertempuran di Myanmar

Indonesia adalah negara yang memiliki prevalensi penipuan internet yang tinggi.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Rabu, 29 Nov 2023 13:25 WIB
127 warga Malaysia korban penipuan diselamatkan dari pertempuran di Myanmar

Lebih dari 120 orang yang diduga korban penipuan pekerjaan telah diselamatkan setelah terdampar akibat pertempuran di Myanmar utara antara militer dan kelompok etnis bersenjata, kata pemerintah Malaysia.

Jumlah warga Malaysia yang diselamatkan melonjak dari semula 26 menjadi 127 dalam beberapa hari terakhir, Menteri Luar Negeri Zambry Abd Kadir mengatakan kepada media lokal Senin (27/11) malam sebelum terbang ke New York.

Dia mengatakan mereka berada di lokasi yang aman dan pemerintah berharap bisa menerbangkan mereka pulang pada hari Kamis (30/11). Kementerian luar negeri sebelumnya mengatakan kelompok tersebut terdampar di Laukkaing, sebuah kota yang dikenal sebagai pusat penipuan online, perjudian, dan kejahatan terorganisir besar lainnya.

Dilansir AP News, pertempuran terus berlanjut di Myanmar utara setelah aliansi kelompok etnis minoritas bersenjata melancarkan serangan mendadak bulan lalu. Mereka telah menguasai beberapa penyeberangan perbatasan ke China, yang merupakan gangguan besar terhadap perdagangan.

Seorang pejabat pemerintah yang menolak disebutkan namanya karena dia tidak berwenang berbicara kepada media mengatakan pada hari Selasa (28/11) bahwa berdasarkan informasi awal, 127 warga Malaysia dibujuk ke wilayah tersebut melalui tawaran pekerjaan palsu. Dia mengatakan rincian operasi penyelamatan dan evakuasi mereka belum bisa dirilis karena sensitivitas kasus dan berbagai pihak yang terlibat.

Awal bulan ini, 266 korban perdagangan manusia asal Thailand, beberapa warga Filipina, dan seorang warga Singapura juga diselamatkan dari Laukkaing dan dibawa ke kota Kunming di China, di mana mereka menaiki penerbangan sewaan ke Bangkok. Kelompok lain yang terdiri dari 41 warga Thailand juga dilaporkan dipulangkan melintasi perbatasan darat.

Kerusuhan di wilayah perbatasan Myanmar terus-menerus mengganggu China, meskipun China mendukung penguasa militer negara itu yang mengambil alih kekuasaan pada tahun 2021.

Beijing awal pekan ini menyerukan gencatan senjata di Myanmar tetapi mengatakan pihaknya akan melanjutkan latihan perang di wilayah perbatasannya untuk bersiap menghadapi keadaan darurat. Polisi China dilaporkan menembakkan gas air mata untuk mengusir orang-orang yang berlindung di dekat pagar perbatasan.

Sponsored

China sangat waspada terhadap konflik yang meluas ke perbatasan yang sudah penuh dengan perdagangan narkoba dan penyelundupan manusia. Kejahatan dunia maya yang menargetkan korban di China telah menjadi kekhawatiran utama, dan China telah berusaha keras untuk menghilangkan kelompok-kelompok yang berbasis di Myanmar dan negara-negara lain dan mengirim para pelakunya kembali ke China untuk diadili.

Menurut Analytics Insight, Malaysia tidak termasuk 10 negara penipuan internet teratas di dunia pada tahun 2023, selain dua negara Asia Tenggara: Indonesia dan Filipina.

Meningkatnya penggunaan internet dalam kehidupan sehari-hari, risiko menjadi korban penipuan online menjadi lebih tinggi dibandingkan sebelumnya. Penipuan melalui internet adalah masalah global, dengan penjahat yang beroperasi dari berbagai negara di seluruh dunia.

Dari sepuluh negara penipuan internet teratas di dunia pada tahun 2023, berdasarkan kasus penipuan online dan kejahatan dunia maya yang dilaporkan, dapat ditelusuri jenis-jenis penipuan internet yang umum terjadi di setiap negara dan memberikan tips tentang cara agar tetap aman saat online.

Indonesia adalah negara yang memiliki prevalensi penipuan internet yang tinggi. Negara ini memiliki banyak populasi generasi muda yang melek teknologi dan memiliki akses mudah ke internet. Penipu di Indonesia diketahui melakukan berbagai bentuk penipuan, termasuk penipuan kencan online, penipuan pekerjaan, dan penipuan investasi.

Filipina merupakan negara yang diketahui menjadi sarang penipu internet. Negara ini mempunyai banyak generasi muda yang fasih dalam bidang teknologi. Penipu Filipina dikenal melakukan berbagai bentuk penipuan, termasuk penipuan percintaan, penipuan investasi, dan penipuan ketenagakerjaan.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid