logo alinea.id logo alinea.id

Aksi 22 Mei: Sejumlah kedubes asing di Jakarta beroperasi normal

Sejumlah kedubes, termasuk Australia, mengonfirmasi bahwa mereka tetap beroperasi normal di tengah aksi 22 Mei.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 22 Mei 2019 11:15 WIB
Aksi 22 Mei: Sejumlah kedubes asing di Jakarta beroperasi normal

Aksi protes pecah sejak Selasa (21/5) di sejumlah titik di Jakarta. Massa menolak hasil Pilpres 2019 yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menyatakan bahwa calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin menang atas capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan enam orang meninggal dan 200 orang luka-luka akibat bentrok antara demonstran dan kepolisian pada Selasa malam hingga Rabu (22/5) dini hari. Hingga saat ini, massa masih menjalankan aksi di sejumlah titik di ibu kota. 

Terkait situasi saat ini, sejumlah kedutaan besar asing tetap beroperasi secara normal. Salah satunya adalah Kedutaan Besar Amerika Serikat di Medan Merdeka Selatan.

Seorang warga yang berada di sekitar Kedubes AS mengatakan kepada Alinea.id bahwa kondisi di sekeliling kantor kedubes terpantau kondusif dan jalanan lancar.

"Tadi pagi sudah banyak yang antre visa," tuturnya saat dihubungi pada Rabu.

Pada Rabu, Kedubes AS merilis peringatan keamanan bagi warganya terkait aksi 22 Mei di Jakarta.

"Demonstrasi terkait pengumuman hasil pemilu yang dimulai pada Selasa telah berlanjut dan pada pukul 06.00 masih berlangsung," jelas Kedubes AS di situs mereka.

Kedubes AS juga menyampaikan bahwa terjadi bentrokan antara polisi dan pengunjuk rasa di sejumlah lokasi di Jakarta seperti di Tanah Abang dan Jl. Wahid Hasyim, Menteng. "Kedubes sangat menyarankan warga AS untuk menghindari area-area tersebut."

Sponsored

Selain itu, kedubes mengimbau agar warga AS untuk terus mengikuti perkembangan terkini melalui media lokal dan tetap waspada terhadap lingkungan sekitar.

Sebelumnya, pada Jumat (17/5), melalui pernyataan tertulis yang tertera di situs resminya, Kedubes AS juga telah meminta warganya yang berada atau menetap di Jakarta maupun kota-kota besar lainnya untuk menghindari area demonstrasi dan memantau perkembangan situasi lewat media lokal.

Kedutaan Besar Belanda yang terletak di Rasuna Said tetap beroperasi seperti biasa. Hal tersebut dikonfirmasi oleh Kepala Departemen Politik Kedubes Belanda Roel Van Deer Veen. Dia mengatakan bahwa kedubes tetap buka dan layanan visa pun berjalan normal.

Pernyataan serupa disampaikan oleh seorang juru bicara Kedutaan Besar Australia yang menuturkan bahwa misi diplomatik yang terletak di kawsan Kuningan itu beroperasi seperti umumnya.

"Ya, kami tetap buka," kata dia.

Kepala Media dan Komunikasi Kedutaan Besar Inggris John Nickell menerangkan pada hari ini kedubes tetap beroperasi normal.

"Pada hari ini, kedutaan buka seperti biasa, layanan visa juga berjalan," tutur Nickell.

Sumber dari Kedutaan Besar Korea Selatan menuturkan bahwa misi diplomatik yang terletak di kawasan Gatot Subroto itu tetap berkegiatan secara normal.

Aktivitas di Kedubes Rusia di kawasan Rasuna Said pun berlangsung seperti biasa. Demikian disampaikan Atase Pers Kedutaan Besar Rusia Denis Tetyushin.

"Kedubes Rusia tetap bekerja seperti biasa, tetapi layanan konsuler dan visa kami tutup pada hari ini," jelas Denis melalui pesan singkatnya kepada Alinea.id.

Sama seperti Kedubes Rusia, sumber dari Kedutaan Besar Oman menyatakan bahwa layanan visa tidak dibuka pada hari ini. Namun, mereka tetap buka.

Berada di kawasan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, misi diplomatik Jepang mengumumkan aktivitas mereka akan berlangsung seperti biasa.

"Hari ini Kedubes Jepang beroperasi seperti biasa, demikian pula layanan visa kami," jelas Atase Pers Kedubes Jepang Nakata Miki via telepon kepada Alinea.id.

Namun, pihak kedubes mengeluarkan pemberitahuan kepada warga Jepang yang tinggal terutama di Jakarta untuk berhati-hati terhadap situasi yang berlangsung saat ini. Mereka juga memberitahukan bahwa penutupan jalan M.H. Thamrin masih berlangsung sejak kemarin.

Meski hingga saat ini pelayanan visa masih dilaksanakan, tidak menutup kemungkinan akan ditutup lebih awal.

Sementara itu, sumber dari Kedutaan Besar China menyatakan bahwa kantor kedubes yang terletak di Mega Kuningan tetap buka sesuai jam operasional yakni pukul 08.30 hingga 17.00. Layanan visa pun beroperasi seperti biasa, dari pukul 09.00 hingga 11.30.

Tidak terpengaruh dengan aksi protes yang berlangsung, sumber anonim dari Kedutaan Besar Malaysia menuturkan bahwa kedubes tetap beroperasi normal dan layanan visa buka layaknya hari-hari lainnya. 

Kedubes Malaysia di Jakarta terletak di Jalan Rasuna Said.

Perwakilan diplomatik Taiwan di Indonesia, Kantor Dagang dan Ekonomi Taiwan (TETO), juga menyatakan bahwa kantor mereka yang terletak di Jl. Jenderal Sudirman buka seperti biasa.

"Kantor kami tetap dibuka seperti biasa pada hari ini," tutur sumber dari TETO.

Sumber dari Kedutaan Besar India yang berlokasi di Rasuna Said pun menyampaikan bahwa misi diplomatik itu tetap buka dan layanan visa berjalan normal.

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Membaca peluang Garbi menjadi partai politik

Rabu, 17 Jul 2019 20:50 WIB
Jalan sunyi seorang perias jenazah

Jalan sunyi seorang perias jenazah

Selasa, 16 Jul 2019 18:23 WIB