sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Aparat tangkap wanita terduga pengirim surat beracun untuk Trump

Menurut pejabat keamanan, wanita itu membawa pistol dan telah diamankan oleh otoritas AS.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 21 Sep 2020 12:27 WIB
Aparat tangkap wanita terduga pengirim surat beracun untuk Trump
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Seorang wanita yang dicurigai mengirim surat berisi racun risin kepada Presiden Donald Trump ditangkap, ketika dia mencoba memasuki Amerika Serikat dari Kanada di sebuah perlintasan perbatasan di Negara Bagian New York.

Menurut pejabat keamanan, wanita itu membawa pistol dan telah diamankan oleh otoritas AS.

Jaksa penuntut AS di Washington diharapkan mengajukan dakwaan terhadapnya.

CNN sebelumnya melaporkan bahwa penegak hukum telah mencegat paket risin yang dikirim ke Trump pekan lalu dan penyelidik sedang mencari kemungkinan bahwa itu berasal dari Kanada.

Seseorang yang mengetahui penyelidikan tersebut mengatakan bahwa surat tersebut dikirim dari St. Hubert, Quebec, dan berisi zat granular dengan karakteristik fisik yang mirip dengan biji jarak.

Dua tes telah dilakukan untuk memastikan keberadaan risin dalam surat tersebut. Semua surat untuk Gedung Putih disortir dan disaring di fasilitas luar lokasi sebelum mencapai Gedung Putih.

Seorang juru bicara Royal Canadian Mounted Police (RCMP) pada Sabtu (19/9) mengonfirmasikan  mereka sedang bekerja dengan FBI untuk menyelidiki masalah tersebut.

"RCMP masih belum dalam posisi untuk mengeluarkan pernyataan, atau mengonfirmasikan laporan apa pun tentang penangkapan," tutur mereka.

Sponsored

Seorang juru bicara dari FBI pada Minggu (20/9) malam menyatakan bahwa penangkapan telah dilakukan dan penyelidikan tetap berlangsung.

"FBI dan Dinas Rahasia AS serta Layanan Inspeksi Pos AS sedang menyelidiki surat mencurigakan yang diterima di fasilitas surat pemerintah AS. Saat ini, tidak ada ancaman yang diketahui terhadap keselamatan publik," jelas pernyataan FBI.

Pihak berwenang menyatakan bahwa mereka sedang menyelidiki paket serupa yang dikirimkan ke alamat di Texas yang mungkin terhubung ke pengirim yang sama di Kanada.

"Kami mengetahui adanya laporan mengenai paket yang berisi risin yang dikirimkan ke situs pemerintah federal AS," kata Kepala juru bicara Kementerian Keamanan Kanada Mary-Liz Power. "Penegak hukum Kanada bekerja sama dengan mitra di AS. Karena ini adalah penyelidikan aktif, kami tidak dapat berkomentar lebih lanjut," terang dia

Risin adalah senyawa yang sangat beracun yang merupakan hasil ekstraksi dari biji jarak. Senyawa ini dapat digunakan dalam bentuk bubuk, pelet, kabut, atau acid.

Jika tertelan, risin dapat menyebabkan mual, muntah, dan pendarahan internal lambung dan usus, diikuti oleh kegagalan hati, limpa dan ginjal, dan kematian akibat kerusakan sistem peredaran darah. 

Sumber : CNN

Berita Lainnya