logo alinea.id logo alinea.id

Dubes negara sahabat ucapkan selamat Idulfitri bagi RI

Sejumlah Duta Besar (Dubes) negara sahabat mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri bagi masyarakat Indonesia

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 05 Jun 2019 19:27 WIB
Dubes negara sahabat ucapkan selamat Idulfitri bagi RI

Sejumlah duta besar negara sahabat turut merayakan Idulfitri 1440 Hijriah di Indonesia, mereka menyampaikan ucapan selamat lebaran bagi umat muslim di Indonesia.

Salah satunya merupakan Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik. Melalui sebuah twit, Moazzam mengucapkan selamat Hari Raya Idulfitri 1440 H.

"Mari kita jalin silaturahmi, membuka hati, berjabat tangan, dan saling menghargai," tutur Dubes Moazzam. 

Duta Besar Amerika Serikat di Indonesia Joseph Donovan pun menyampaikan ucapan hari raya kepada seluruh rakyat Indonesia.

Ucapan Selamat Idulfitri pun dilayangkan oleh Duta Besar Australia di Indonesa Gary Quinlan melalui akun Twitter pribadinya.

"Atas nama kami semua di Kedutaan Besar Australia, saya ingin mengucapkan kepada kolega muslim kami di seluruh Indonesia dan Australia untuk semakin hangat mendekati akhir Ramadan," tuturnya perwakilan diplomatik Australia itu.

Sponsored

Duta Besar Belanda untuk Indonesia Rob Swartbol dan Wakil Dubes Belanda untuk Indonesia Ferdinand Lahn menyampaikan ucapan Lebaran dengan mengenakan peci, baju koko, dan sarung.

Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Nayar menilai Idulfitri sebagai perayaan yang penting bagi seluruh muslim di dunia.

"Idulfitri merupakan waktu bagi muslim untuk memperkuat tali kasih dengan sesama dan mereka yang dicintai, serta untuk memaafkan satu sama lain," ungkapnya dalam pesan video di Facebook.

Dubes Anil menyebut, meski memiliki tradisi, kepercayaa, dan budaya berbeda, Idulfitri tetap menjadi waktu untuk berbagi kebaikan dan rasa syukur.

"Semoga Anda dan keluarga tercinta diberkati dengan kedamaian, keberkahan, dan kesejahteraan," lanjutnya.

Selain itu, Duta Besar Denmark untuk Indonesia Rasmus A. Kristensen turut mengucapkan Selamat Idulfitri kepada semua muslim di Indonesia dan di seluruh dunia.

Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Jonathan Austin pun menyampaikan ucapan Lebaran melalui akun Twitter resminya.

"Semoga muslim mendapatkan berkat pada Idulfitri ini. Selamat berlibur!," tulis dia.

Suasana perayaan Idulfitri di Wisma Duta KBRI Moskow, Rusia, Selasa (4/6). / Kementerian Luar Negeri RI

Lebaran di Rusia

Pada Selasa (4/6), sejumlah rombongan wisatawan Indonesia yang sedang berkunjung ke Rusia turut merayakan Hari Raya Idulfitri 1440 Hijriah bersama dengan warga Indonesia lainnya yang menetap di Moskow.

Berdasarkan keputusan Dewan Muftri Rusia, Spiritual Board of Muslim of the Russian Federation, tanggal 1 Syawal 1440 H jatuh pada 4 Juni.

Bersama dengan Himpunan Persaudaraan Islam Indonesia (HPII), KBRI Moskow menyelenggarakan kegiatan salat Idulfitri.

Sekitar 200 warga Indonesia memadati kegiatan salat berjamaah yang dilaksanakan di KBRI Moskow pada pukul 08.30 waktu setempat.

Ceramah singkat menyoroti seputar cara untuk memaknai hikmah Ramadan dan keterkaitan akan pentingnya menjaga tali silaturahmi, membina persaudaraan, serta saling menghormati dan menjaga kerukunan di antara sesama manusia. 

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah, silaturahmi, dan santap hidangan khas Idulfitri bersama dengan Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia M. Wahid Supriyadi serta segenap jajaran staf KBRI Moskow.

Pada kesempatan ramah tamah, Dubes Wahid menyampaikan sambutan dan ucapan selamat Idulfitri kepada warga Indonesia, baik yang muslim maupun nonmuslim. 

"Saya berharap momen Idulfitri ini dapat semakin memperkuat rasa kebersamaan seluruh warga Indonesia yang berada di Rusia," ungkap Dubes Wahid seperti dikutip dari keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI yang diterima Alinea.id pada Rabu (5/6).

Pada sambutannya, Dubes Wahid kembali menekankan pentingnya seluruh warga negara Indonesia untuk memupuk rasa persaudaraan, serta membina persatuan dan kesatuan bangsa dimana pun mereka berada. Dubes berharap kegiatan silaturahmi itu dapat meningkatkan komunikasi, keakraban, dan rasa kekeluargaan di antara warga Indonesia.

Kegiatan yang berlangsung di Wisma Duta KBRI Moskow itu dihadiri sekitar 400 orang yang mayoritas merupakan mahasiswa Indonesia. Mereka menyantap lontong sayur, opor ayam, rendang, teri kacang, dan hidangan lokal lainnya. Ada pula aneka camilan khas Lebaran seperti kue nastar, putri salju, lapis legit, tape ketan hitam, dan es campur. 

Selain mahasiswa tampak juga hadir warga Indonesia yang menetap di Moskow, dan bahkan ada beberapa yang datang dari kota Saint Petersburg dengan menempuh perjalanan kereta selama 9 jam.

"Kebetulan waktu wisata kami berenam ke Rusia bertepatan dengan perayaan Idulfitri dan kami memperoleh informasi bahwa akan ada salat serta open house. Kami memutuskan untuk merayakannya bersama dengan warga Indonesia lainnya di KBRI Moskow," ungkap salah satu wisatawan asal Indonesia, Jesse F. Sulu.