sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

India luncurkan kapal induk produksi nasional pertama

Kapal induk Vikrant berdimensi panjang 262 meter dan lebar 60 meter. Pembuatannya selama 17 tahun menelan anggaran US$2,6 M.

Aditya Putera Pratama
Aditya Putera Pratama Sabtu, 03 Sep 2022 19:20 WIB
India luncurkan kapal induk produksi nasional pertama

India meluncurkan kapal induk Vikrant, yang berarti pemberani, Jumat (2/9) waktu setempat. Alat utama sistem persenjataan (alutsista) itu menjadi yang pertama diproduksi di dalam negeri dan unit kedua yang dimiliki India.

Keberhasilan ini, melansir VOA, merupakan bentuk perlawanan India terhadap angkatan laut China yang berkembang pesat. Pun menjadi jawaban atas ketergantungan India akan alutsita luar negeri.

Sebagai informasi, India menjadi salah satu importir alutsista terbesar di dunia. Namun, galangan nasional kini tengah membangun lebih dari 2 lusin kapal angkatan laut dan kapal selam.

Vikrant berdimensi panjang 262 meter dan lebar 60 meter. Dengan demikian, dapat mengangkut 1.600 awak dan mengoperasikan 30 pesawat, termasuk jet temput dan helikopter.

India mengucurkan US$2,5 miliar untuk membangun kapal induk tersebut. Proses pembangunan dan pengujian Vikrant berlangsung sekitar 17 tahun.

"Ini adalah hari bersejarah dan pencapaian penting," kata Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi, saat peluncuran Vikrant. "Ini adalah contoh dari dorongan pemerintah untuk membuat sektor pertahanan India mandiri."

Sementara itu, analis pertahanan Rahul Bedi menilai, Vikrant takkan beroperasi penuh hingga akhir 2023. Pangkalnya, India masih defisit jet tempur.

"[Vikrant] tidak memiliki pesawat yang cocok saat ini. India berencana untuk membelinya, baik dari Prancis atau Amerika Serikat," ucapnya. "Untuk saat ini, harus bergantung pada pesawat buatan Rusia yang beroperasi di kapal induk lainnya." (VOA)

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid