sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Menlu Retno paparkan rencana 100 hari implementasi IA-CEPA

Implementasi IA-CEPA menjadi salah satu agenda pembahasan utama dalam kunjungan kenegaraan Presiden Jokowi ke Australia pada 8-10 Februari.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 11 Feb 2020 16:01 WIB
Menlu Retno paparkan rencana 100 hari implementasi IA-CEPA

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan bahwa usai diratifikasi, Indonesia-Australia Comprehensive Economic Agreement (IA-CEPA) telah memasuki fase pembahasan program 100 hari implementasi.

"Baik Indonesia dan Australia telah merangkai rencana 100 hari pertama dalam tahap implementasi IA-CEPA. Hal tersebut dilakukan supaya kedua pihak dapat segera merasakan manfaat dari perjanjian ini," jelas Menlu Retno di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Jakarta, pada Selasa (11/2).

Dalam 100 hari pertama tahap implementasi IA-CEPA, Menlu Retno menjelaskan bahwa akan digelar Australia Business Week yang dihadiri oleh delegasi yang dipimpin Menteri Perdagangan Australia. Selain itu, Indonesia-Australia akan mengidentifikasi kerja sama investasi di bidang infrastruktur dan akan ada kunjungan sejumlah major private investor Australia ke Indonesia.

Menlu Retno menjelaskan bahwa implementasi IA-CEPA juga ditindaklanjuti dengan penambahan kuota working holiday visa dari yang semula mendapatkan 1.000 kuota menjadi 4.100.

"Setelah itu, kuota akan naik 5% setiap tahunnya," jelas dia.

Dia melanjutkan bahwa dalam 100 hari pertama tahap implementasi IA-CEPA, kedua pihak akan mengintensifkan kerja sama di bidang pendidikan vokasi.

"Kerja sama Indonesia dan Australia akan membuat Indonesia betul-betul terintegrasi di dalam rantai nilai global," lanjut Menlu Retno. "Hal ini dalam konteks meningkatkan daya saing Indonesia di pasar internasional."

Implementasi IA-CEPA menjadi salah satu agenda pembahasan utama antara kedua negara dalam kunjungan kenegaraan Presiden RI Joko Widodo ke Canberra pada 8-10 Februari. Indonesia dan Australia menandatangani IA-CEPA pada 4 Februari setelah melalui proses perundingan selama sembilan tahun. Setelah itu, DPR RI meratifikasi UU IA-CEPA pada 6 Februari.

Sponsored
Berita Lainnya