logo alinea.id logo alinea.id

Pendaftaran beasiswa Chevening dibuka!

Beasiswa Chevening diberikan kepada individu yang memiliki latar belakang akademis yang kuat dengan pengalaman minimal 2 tahun kerja.

Valerie Dante
Valerie Dante Rabu, 14 Agst 2019 19:28 WIB
Pendaftaran beasiswa Chevening dibuka!

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins mengumumkan bahwa pendaftaran beasiswa Chevening untuk tahun akademik 2020-2021 telah dibuka di Indonesia.

Jenkins mengatakan bahwa tujuan dari program beasiswa ini adalah untuk membangun hubungan antarmasyarakat Inggris dan Indonesia, serta memberikan fasilitas pendidikan terbaik bagi orang Indonesia.

"Chevening merupakan program yang melambangkan kerja sama dan menjadi jembatan hubungan Indonesia dan Inggris," tutur Dubes Jenkins dalam konferensi pers di Kedutaan Besar Inggris, Jakarta, Rabu (14/8).

Dubes Jenkins menambahkan, beasiswa tersebut akan memberikan akses pendidikan S2 kelas dunia bagi orang Indonesia, membekali mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan.

Beasiswa Chevening diberikan kepada individu yang memiliki latar belakang akademis yang kuat dengan pengalaman minimal dua tahun di dunia kerja. Beasiswa tersebut menawarkan dukungan finansial penuh untuk biaya studi dan biaya hidup, para penerima beasiswa dapat meraih gelar S2 di universitas mana pun di Inggris.

"Chevening menargetkan mereka yang berpotensi untuk menjadi pemimpin, pembuat keputusan dan pembentuk opini yang akan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan negara mereka," lanjut Dubes Jenkins.

Dubes Jenkins menuturkan bahwa melalui beasiswa Chevening, Indonesia akan mendapatkan talenta-talenta muda yang dapat membantu mengharumkan nama bangsa.

"Indonesia akan menjadi jantung Asia. Inggris dengan bangga mendukung talenta terbaik dan terpandai di Indonesia untuk belajar dan tinggal selama satu tahun di Inggris," kata dia. "Mereka akan dibekali pengalaman yang dapat mengubah hidup mereka dan membantu membangun masa depan Indonesia."

Sponsored

Jendela aplikasi beasiswa Chevening untuk tahun akademik 2020-2021 berlangsung pada 5 Agustus hingga 5 November 2019. Tahun ini, Inggris akan memberikan 63 beasiswa kepada peserta dari Indonesia dan empat untuk warga Timor Leste.

Beasiswa yang telah dimulai sejak 1983 ini merupakan program pemerintah Inggris yang didanai oleh Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan sejumlah organisasi mitra. Dubes Jenkins menyebut bahwa pada tahun akademik kali ini, pemerintah Inggris mengucurkan total US$68 juta untuk membiayai program beasiswa Chevening di seluruh dunia.

"Sekitar 1.700 orang Indonesia di seluruh negeri telah menerima beasiswa Chevening selama 35 tahun terakhir. Beasiswa itu diberikan kepada mereka yang ingin belajar mulai dari bisnis, politik, fesyen hingga studi media," ungkapnya.