logo alinea.id logo alinea.id

Rusia pulangkan 30 tank Perang Dunia II dari Laos

T-34 adalah tulang punggung Uni Soviet dalam Perang Dunia II

Khairisa Ferida Senin, 14 Jan 2019 16:08 WIB
Rusia pulangkan 30 tank Perang Dunia II dari Laos

Rusia mengambil kembali tank-tank era Perang Dunia II dari Laos. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pekan ini 30 tank T-34 telah tiba di pelabuhan Vladivostok setelah menempuh perjalanan sejauh 4.500 kilometer dari Laos. Mereka akan segera menuju Moskow.

Hingga belum lama ini, tank-tank tersebut masih bertugas aktif di militer Laos, hampir 80 tahun setelah pertama kali diperkenalkan pada tahun 1940.

T-34 adalah tulang punggung Soviet dalam Perang Dunia II dan beberapa waktu setelahnya.

"Tidak ada tank yang memengaruhi hasil Perang Dunia II sebagaimana yang ditunjukkan oleh seri T-34 Soviet," tulis situs militaryfactory.com.

Lebih lanjut situs yang sama menuliskan, "Sekitar 57.000 tank dibangun sebelum perang berakhir pada 1945, dengan jumlah yang banyak itu baik bagi Soviet karena T-34 dapat mengeroyok posisi musuh."

Produksi T-34 berlanjut ke Perang Dingin, dengan lebih dari 80.000 yang diproduksi. Ribuan diekspor ke seluruh dunia.

Meski Uni Soviet yang kemudian menjadi Rusia telah memproduksi tank yang lebih modern, namun T-34 tetap memiliki tempat di hati Rusia. Itulah yang memicu langkah Moskow untuk membawa pulang 30 T-34 dari Laos.

"Peralatan yang ditransfer oleh Laos itu rencananya akan digunakan selama Parade Kemenangan di berbagai kota di Rusia, untuk memperbarui pameran museum, serta pembuatan film-film sejarah tentang Perang Patriotik Raya (Great Patriotic War)," ungkap Kementerian Pertahanan Rusia.

Sponsored

Sebuah film tentang tentang militer Soviet dan tank bertajuk 'T-34' dilaporkan telah memecahkan rekor box office Rusia pekan lalu.

Sumber : CNN